tempatku tugas

tempatku tugas
Puskesmas Curug kota serang

Kamis, 15 Maret 2012

KELAS IBU HAMIL



Puskesmas Curug Kota Serang, hari ini tanggal 15 Maret 2012 aku meliput kegiatan Kelas ibu hamil di desa Kamanisan Kecamatan Curug Kota Serang. Tepatnya di Balai Desa Kamanisan.
Seperti yang terlihat di foto, kami berkumpul di sebuah ruangan berukuran sedang di Balai Desa Kamanisan, duduk 8 orang  ibu hamil yang menyimak penjelasan dari  bidan desa Kamanisan didampingi oleh dokter dari Puskesmas Curug Kota Serang dan seorang petugas PROMKES
ibu hamil sedang menyimak arahan dari bidan desa

Masih tingginya angka kematian ibu dan anak saat hamil atau melahirkan, membuat kelas hamil ini menjadi salah satu solusi dan bagian penting untuk kesehatan masyarakat desa khususnya di Kecamatan Curug Kota Serang. Kehamilan merupakan suatu proses yang kompleks dan kadang tidak semua ibu hamil mengerti kondisinya.
Petugas Kesehatan sedang memberi penyuluhan tentang persalinan yang sehat

Kegiatan Kelas Ibu Hamil merupakan sarana untuk belajar kelompok tentang kesehatan bagi ibu hamil, dalam bentuk tatap muka yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan ibu-ibu mengenai kehamilan, persalinan, perawatan nifas dan perawatan bayi baru lahir, melalui praktik dengan menggunakan buku KIA (Kesehatan Ibu anak) ( Depkes, 2009 : vii).

Manfaat Kelas Ibu Hamil
1.    Supaya ibu mengerti tentang kelas ibu hamil
2.    Supaya ibu bisa mengaplikasikannya ke dalam kehidupannya sehari-hari
3.    Menambah wawasan keluarga tentang kelas ibu hamil

Kelas Ibu Hamil di lakukan selama 3 pertemuan

Pertemuan kelas ibu hamil pertama
1.    Informasi kelas ibu hamil
2.    Perubahan tubuh selama kehamilan
3.    Perawatan kehamilan

Tujuan
  1. Memahami apa yang disebut kelas ibu hamil
  2. Memahami bahwa kehadiran tepat waktu dan berpartisipasi aktif penting untuk keberhasilan kelas ibu hamil
  3. Memahami bahwa kelas ibu penting untuk meningkatkan pengetahuan ibu tentang kehamilan, persalinan dan perawatan anak
  4. Memahami bagaimana terjadiya kehamilan 
  5.  Memahami adanya perubahan tubuh ibu selama kehamilan
  6. Memahami bagaimana mengatasi berbagai keluhan saat hamil
  7. Memahami apa saja yang harus dilakukan oleh ibu selama kehamilan
  8. Memahami pentingnya makanan sehat dan pencegahan anemia saat kehamilan
  9. Memahami bahwa kesiapan psikologis diperlukan dalam menghadapi kehamilan
  10. Memahami bagaimana hubungan suami istri semasa kehamilan
  11. Mengetahui obat-obatan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh ibu semasa kehamilan
  12. Mengetahui tanda-tanda bahaya pada kehamilan
  13. Memahami perlunya perencanaan persalinan sejak awal agar dapat memperlancar proses persalinan
Waktu : 75 menit
       Mengapa harus kelas Ibu Hamil?  Karena kesehatan merupakan sesuatu yang penting dalam  kebahagiaan keluarga. Sedangkan kelas Ibu hamil merupakan pendidikan/ penyuluhan kesehatan bagi ibu hamil dalam bentuk tatap muka, didalam kelas yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu mengenai kehamilan, persalinan  dan  perawatan bayi .
       Kegiatan ini sangat membantu para Ibu Hamil dalam menghadapi persalinan, terutama dalam merencanakan persalinan  yang aman dan nyaman. Persalinan yang aman dan nyaman adalah upaya utama dalam penurunan Angka Kematian Ibu  (AKI) di Kota Serang, yang merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan (Indeks Pembangunan Manusia) dan  termasuk target  MDG’s 5  (Millenium Development Goals)
         Tujuan dari kelas Ibu Hamil adalah ibu hamil dapat melahirkan dengan aman dan nyaman. Materi yg disajikan dalam paket  kelas ibu  sangat jelas dan informatif. Informasi yg diberikan akan meningkatkan rasa percaya diri ibu, jadi tidak perlu ragu dan cemas dalam menghadapi masa hamil dan persalinan. Kelas ibu tempat ibu mendapatkan informasi yang berhubungan dengan kesehatannya. Ibu hamil mengetahui dengan dini tanda kehamilan yang tidak normal dan dapat mengatasinya dengan  segera dan juga  ibu hamil bisa saling berbagi pengalaman dengan sesama ibu hamil. Peserta kelas ibu hamil  sebaiknya ibu hamil dgn usia kehamilan 5 bulan keatas dengan alasan kondisi ibu hamil  sudah kuat, tidak takut mengalami keguguran dan efektif melakukan senam hamil. Jadwal kelas Ibu Hamil tergantung dari kelompok masing-masing dan yang terpenting selama mengikuti kelas, ibu hamil sebaiknya banyak  minum air putih/ mineral. Sebaiknya semua ibu hamil mengikuti kelas ini terutama ibu-ibu muda dengan hamil pertama sehingga  dapat menjalani kehamilan dengan aman dan lancar, yang terutama persalinan aman dan nyaman serta ditolong oleh petugas kesehatan yang sudah memiliki kompetensi dalam pertolongan kelahiran. Kehamilan adalah anugrah dan jangan jadikan bencana agar kita mampu melahirkan generasi yang berkualitas bagi bangsa tercinta ini. 

Berpose setelah mengikuti kegiatan kelas ibu hamil


Tidak ada komentar:

Posting Komentar